Keadaan Alam Jepang

Jepang memiliki lebih dari 3000 pulau yang terletak di pesisir lautan pasifik di timur benua asia. istilah kepulauan jepang merujuk kepada empat pulau besar, dari utara ke selatan. Hokaido, Honshu, Shikoku, serta kepulauan Ryukyu yang berada di selatan Kyushu. Sekitar 70 % hingga 80% dari wilayah jepang terdiri dari pegunungan yang berhutan-hutan, dan cocok untuk pertanian, indusri, serta pemukiman. Daerah yang curam berbahaya untuk dihuni karena resiko tanah longsor akibat gempa bumi, kondisi tanah yang lunak, dan hujan lebat. Oleh karena itu, permukiman penduduk terpusat di kawasan pesisir. Jepang termasuk salah satu negara berpenduduk terpadat di dunia.
Gempa bumi berkekuatan rendah dan sesekali letusan gunung berapi sering dialami jepang karena letaknya diatas Lingkaran  “Api Pasifik” di pertemuan tiga lempeng tektonik. gempa bumi yang merusak sering menyebankan Tsunami. Setiap abad nya, di jepang terjadi beberapa kali tsunami. Gempa Bumi besar yang terjadi akhir-akhir ini di Jepang adalah Gempa bumi Chuetsu 2004 dan gempa bumi besar Hanshin pada tahun 1995. keadaan geografi menyebabkan jepang memiliki banyak sumber mata air panas, dan sebagian besar di antaranya telah dibangun sebagai daerah tujuan wisata.
Jepang berada dikawasn beriklim sedang dengan pembagian empat musim yang jelas. Walau demikian, terdapat perbedaan iklim yang mencolok antara wilayah bagian utara dan bagian selatan. Pada musim dingin, Jepang bagian utara seperti Hokkaido mengalami musim salju, nemun sebaliknya wilayah jepang bagian selatan beriklim subtropis. Iklim juga dipengaruhi tiupan angin musim yang bertiup dari benua Asia ke Lautan Pasifik pada musim dingin, dan sebaliknya pada musim panas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s